4 Jenis Makanan untuk Anak Diare yang Terbaik

makanan untuk anak diare

Irosaia – Diare merupakan kondisi feses yang dikeluarkan berbentuk encer. Hal ini karena usus tidak dapat menyerap cairan dengan baik. Frekuensi pengeluarannya juga lebih sering daripada buang air pada biasanya. Diare pada anak-anak biasanya disebabkan karena konsumsi makanan atau minuman yang kotor dan telah terkontaminasi mikroorganisme. Terapi diare harus  diiringi dengan jenis makanan untuk anak diare.

makanan untuk anak diare

1. Makanan Berkuah

Banyaknya cairan yang disekresikan ke usus karena ketidakmampuan usus menyerap banyak cairan. Sehingga tubuh kehilangan banyak cairan (dehidrasi) dan membutuhkan cairan lebih  banyak. Cara mengganti cairan tubuh selain memperbanyak jumlah air minum, juga harus mengonsumsi makanan berkuah yang mudah dicerna seperti sup.

2. Makanan Berkarbohidrat

Tidak hanya membutuhkan banyak cairan namun juga kebutuhan karbohidrat untuk mengisi ulang energi. Selain itu juga harus menghindari makanan yang mengandung serat tinggi untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat tinggi dapat menimbulkan gas di dalam perut yang mengakibatkan perut kembung dan sering kentut. Pilihan makanan berupa nasi putih dan bubur yang dapat diolah berbagai cara seperti nasi tim dan beragam bubur.

3. Makanan Rasa Tawar

Beberapa gejala diare juga dibarengi dengan rasa mual yang mengakibatkan susah makan. Hindari makanan dengan bumbu pekat  dan rasa kuat seperti rasa asam, santan, rasa pedas dan lainnya. Rasa yang kuat dapat mengakibatkan iritasi  pada usus. Pilih makanan tawar seperti roti tawar bisa dibakar tipis-tipis. Rasa tawar pada roti lebih mudah ditelan karena tidak menimbulkan rasa mual.

4. Buah-buahan

Pilih buah-buahan yang tidak mengandung serat yang tinggi seperti pisang dan apel. Terdapat kandungan pectin atau jenis serat yang bisa larut dalam air sehingga dapat membantu memadatkan feses. Kandungan gula di dalamnya dapat meningkatkan stamina. Kandungan kalium pada buah pisang  dapat menggantu cairan elektrolit yang telah banyak terbuang.

Selain jenis makanan untuk anak diare yang telah disebutkan di atas, masih ada juga makanan lainnya seperti sayuran. Sayuran yang dimaksud seperti wortel, kacang hijau hingga buah bit. Sayuran digunakan untuk mengisi semua  nutrisi yang hilang selama diare. Agar lebih mudah dikonsumsi, sayuran bisa  direbus terlebih dahulu agar lunak. Bisa dikonsumsi bersama dengan nasi putih atau bubur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.