4 Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester 3

nutrisi ibu hamil

Iro – Saat masa kandungan telah menginjak trimester 3 atau pada waktu 7 bulan ke atas sang bayi di dalam perut telah mulai membentuk tubuh secara sempurna. Organ tubuhnya pun mulai berbentuk serta telah berfungsi begitu pula untuk kondisi tulang bayi yang akan terus berkembang. Karena itulah nutrisi ibu hamil pada masa itu juga harus diperhatikan sebaik mungkin.

Nutrisi Terbaik untuk Bumil Trimester Akhir

Sebenarnya pada masa trimester ketiga nutrisi yang diperlukan ibu hamil masih sama dengan masa trimester 1 serta trimester 2. Sehingga tak ada batasan untuk nutrisi yang diperlukan. Namun, ada beberapa nutrisi yang diutamakan untuk dikonsumsi ibu hamil pada masa tersebut. Berikut ialah nutrisi terbaik untuk ibu hamil pada trimester 3:

nutrisi ibu hamil

1. Omega 3

Bentuk tubuh bayi dalam kandungan memang telah sempurna, tapi bayi Anda masih memerlukan asupan untuk membantu perkembangan sistem saraf serta otak miliknya. Sehingga ibu hamil wajib untuk tetap mengonsumsi nutrisi omega 3 yang dapat mendukung pertumbuhan bayi dalam kandungannya agar tetap sehat dan terjaga.

2. Kalsium

Kalsium juga masih berperan penting sebagai nutrisi ibu hamil yang wajib untuk dipenuhi. Hal ini karena bayi dalam kandungan bumil masih terus bertumbuh sehingga kalsium tersebut akan tersimpan sebagai cadangan di dalam tubuh si bayi.

3. Zat Besi

Pada masa mendekati waktu persalinan, kandungan zat besi sangat diperlukan oleh sang ibu. Hal ini disebabkan volume darah pada ibu hamil dan janinnya semakin meningkat. Di samping itu, jika sang ibu tak mengonsumsi zat besi dengan cukup maka bisa mengakibatkan risiko bayi akan terlahir secara prematur.

4. Seng

Zat seng berperan penting sebagai zat yang mencegah bayi terlahir secara prematur. Karena itulah ibu hamil pada trimester 3 disarankan untuk mengonsumsi zat seng ini sebesar 20 miligram setiap harinya agar menjaga bayi dalam kandungannya tetap baik dan sehat.

 Itulah beberapa nutrisi ibu hamil yang penting untuk dipenuhi saat masa trimester 3. Tentunya sang ibu hamil juga harus tetap rutin mengonsumsi nutrisi lainnya sesuai porsinya agar mengurangi risiko berbahaya untuk dirinya dan bayi di dalam kandungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *