5 Masakan Khas Padang Yang Enak Dan Awet Untuk Menu Sahur Selama Pandemi Covid-19

masakan khas padang

Iro – Siapakah yang kuasa menolak masakan khas Padang yang cita-rasanya demikian unik dan mengunggah hasrat? Ya, masakan Padang memang nikmat dan buat rindu. Tidak hanya hanya itu, beberapa macam masakannya juga dapat tahan lama dan jadi perbekalan makan anak kost, lho. Ini karena kandungan senyawa tertentu dalam bumbunya dapat menghalangi mikroba pathogen atau bakteri pembusuk. Masakan Padang ini pas nih buat simpanan di dalam rumah sepanjang puasa di tengan Covid-19 ini. Taruh di kulkas ya, lalu tinggal hangatkan kembali ketika akan sahur atau buka puasa!

masakan khas padang

1. Rendang

Dari sabang sampai merauke semua mengenal masakan Padang yang ini. Rendang bahkan juga terkenal lho sampai ke luar negeri. Selainnya rasanya yang nikmat sekali, bila diolah dan diletakkan secara benar rendang ini sanggup bertahan sepanjang 2 bulan, lho. Tetapi janganlah sampai terganti dengan kalio alias rendang yang basah ya!

2. Dendeng sapi

Dendeng kering ialah daging diiris-iris tipis dan diawetkan dengan dikeringkan. Dibanding dengan rendang yang daging sapinya halus, struktur dendeng lebih condong keras. Sama dengan rendang, bahan khusus pembikinan dendeng datang dari daging sapi. Untuk pembikinan dendeng, daging harus dipotong bersimpangan serat supaya tidak remuk saat direbus. Ini untuk menahan daging hancur saat ditumbuk dengan palu untuk dipipihkan.

3. Dendeng kariang balado

Ini sebagai dendeng sapi kering yang diolah balado. Umumnya dendeng diolah cukup dengan ditumis atau dimasak saja. Tetapi bila Anda telah memiliki simpanan dendeng sapi, Anda dapat mengolahnya bersama bumbu balado ciri khas Padang yang nendang sekali itu buat menu sahur atau buka puasa, sebagai rekan makan nasi yang dikonsumsi saat hangat.

4. Sambal goreng ati kentang

Daging sapi memang berjodoh dengan bumbu masakan padang. Salah satunya olahannya yang terkenal ialah sambal goreng kentang dengan ati sapi, atau sambal goreng ati kentang. Makanan ini umumnya disajikan saat lebaran, tapi bila Idul Fitri ini kali Anda tidak dapat mudik, juga bisa membuat sebagai obat kangen. Agar lebih tahan lama simpan dalam almari es atau agar lebih bertahan lama kembali simpan dalam freezer, lalu ketika akan dikonsumsi tinggal dipanaskan dalam microwave.

5. Paru goreng kering

Makanan ciri khas Padang yang ini dapat kita jumpai di restaurant-restoran Minang atau dipasarkan dalam plastik kedap udara sebagai oleh-olehan. Memiliki bentuk potongan tipis, kering, gurih dan tentunya super nikmat. Supaya lebih oke, coba paru goreng kering bumbu balado. Proses masaknya, paru dimasak dahulu, selanjutnya dibuat sambal dan dimasukkan paru kemudian diaduk-aduk sampai menyerap.

Rahasia tahan lama masakan Padang berada pada rempah-rempah yang dipakai dalam bumbunya. Selainnya memberinya wewangian yang menghidupkan hasrat, rempah-rempah bermanfaat sebagai pengawet dan anti-oksidan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *