Ternyata Inilah 3 Penyebab Bayi Menangis Terus dan Cara Mudah Mengatasinya

penyebab bayi menangis terus

Iro – Seorang bayi, tentu belum bisa berbicara bukan? Nah, menangis adalah salah satu cara mereka berkomunikasi. Namun, adakalanya seorang bayi menangis berkepanjangan dan apa penyebab bayi menangis terus.

Tentu saja tangisan bayi yang tanpa henti itu membuat panik ibunya atau orang di sekitarnya. Untuk itu seorang ibu dituntut untuk mempunyai kepekaan dan segera paham arti tangisan bayi, agar tangisannya tidak berkelanjutan.

Secara umum, ada 3 penyebab bayi menangis terus dan cara mudah mengatasinya dengan tepat:

penyebab bayi menangis terus

1. Sedang Tidak Nyaman

Saat popoknya basah kena ompol atau sedang pup, biasanya bayi menangis karena merasa kurang nyaman. Bisa jadi pula si kecil sedang merasa lelah, atau  terganggu dengan suasana sekitar, sehingga rewel.

Tanda lainnya jika  bayi merasa tidak nyaman adalah dengan melengkungkan tubuhnya. Untuk itu, segera cek kondisi baju atau popoknya dan segera ganti jika memang basah. Atau jika bayi sepertinya sedang lelah, peluk dan elus-elus tubuhnya supaya enggak rewel lagi.

2. Tubuhnya Merasa Sakit

Bisa jadi si kecil sedang merasa kesakitan. Biasanya  kecurigaan utamanya adalah karena  kolik atau kram usus. Penyebab terjadinya kolik hingga sekarang belum diketahui secara pasti. Cara menanganinya adalah cukup dengan membuatnya tenang  dan menghiburnya. Jika belum reda juga tangisnya, segera konsultasi ke dokter.

3. Merasa Lapar dan Ingin Minum Susu

Dalam 3 bulan pertama, kebutuhan bayi minum ASI adalah hampir setiap jam. Jika kebutuhan ASI-nya tercukupi, sekitar 8-12 kali dalam sehari, si kecil akan tenang.  Jadi saat bayi mulai rewel dan menangis terus- menerus coba diberi ASI, barangkali ia memang sedang lapar.

Peka terhadap arti tangisan bayi memang butuh latihan dan kesabaran. Cara mengatasinya secara tepat terkadang memang penuh tantangan. Namun jika sudah paham keinginan bayi, biasanya jadi mudah. Bunda, tak  perlu cemas berlebihan, karena biasanya bayi sering menangis dan suka rewel hanya di 6-8 pekan pertama dan akan berangsur-angsur berkurang seiring bertambahnya usia.

Orang tua yang segera tahu penyebab dan cara mengatasi bayi menangis akan lebih mudah menangani dan membuat bayi tenang, sehingga tidak berkelanjutan tangisannya. Kepekaan terhadap arti tangisan bayi akan lebih mempererat hubungan orang tua dan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.