Tips Mempersiapkan Si Kecil untuk Punya Adik

kelahiran anak

Iro – Kelahiran anak baru bisa bawa banyak peralihan dalam keluarga. Anda dan pasangan akan habiskan banyak tenaga dan meluapkan semua perhatian untuk menyiapkan kelahirannya. Punyai adik baru bisa berasa susah untuk si kakak hingga lumrah bila dia berasa cemburu dan dihiraukan. Oleh karenanya, penting untuk menyiapkan kakak saat sebelum punyai adik agar dia masih tetap berasa jadi perhatian. Untuk menolong kakak menyiapkan diri, ada beragam langkah yang dapat Anda coba.

Saat si Kakak ketahui jika dia akan mempunyai adik bayi, Anda tidak boleh bingung jika dia memperlihatkan hati berbahagia, geram, atau bahkan juga tidak memberi respon sama sekalipun. Ini dipandang normal karena anak seusianya belum pahami dinamika dalam rumah tangga.Anda pun harus ketahui jika babak ini terhitung dalam perubahan emosionalnya. Oleh karenanya, silahkan kita baca beragam langkah menyiapkan kakak untuk punyai adik.

kelahiran anak

1. Beri tahu bahwa ia akan punya adik bayi

Ketimbang menanti sampai perut Anda jadi membesar, seharusnya selekasnya beritahu anak jika dia akan selekasnya punyai adik saat Anda positif hamil.Kemungkinan si kakak akan menanyakan darimanakah hadirnya adik. Bila ini kasusnya, Anda tak perlu menerangkan dengan detail. Cukup beritahu jika adik sedang ada dalam perut Anda.Ini perlu dilaksanakan agar anak Anda dapat mengetahui jika dia akan selekasnya punyai adik. Dengan demikian, dia tidak terkejut.

2. Beri tahu anak bahwa ia juga sempat menjadi bayi

Saat Anda dan pasangan sedang menyiapkan peralatan bayi, beritahu anak Anda jika dahulu dia sempat juga jadi bayi saat baru dilahirkan. Terangkan padanya berapa berbahagia Anda saat dia tercipta ke dunia.Kemudian, Anda bisa memperjelas padanya jika kedatangan adik akan bawa kebahagiaan sama. Dengan demikian, diharap si kakak tidak berasa cemburu saat dia punyai adik.

3. Melibatkan anak dalam persiapan kelahiran adik bayinya

Melibatkan anak dalam penyiapan kelahiran adiknya bisa membuat berasa sebagai sisi penting dalam keluarga. Coba meminta anjurannya berkaitan tipe kasur apa yang terbaik untuk adiknya atau baju-baju yang menurut dia lucu saat digunakan oleh adiknya.Bila perlu, Anda dapat coba menyiapkan beberapa nama untuk anak ke-2 , selanjutnya minta penilaian dari si kakak berkaitan beberapa nama itu.

4. Jangan membuat anak merasa tertekan dengan kehadiran adiknya

Sebagian orangtua kemungkinan minta anak sulungnya untuk selekasnya dapat berdikari saat sebelum punyai adik baru. Misalkan, Anda memaksakan anak untuk bisa buang air kecil dan besar sendiri atau berpindah ke kasur orang dewasa.Ini justru dapat membuat si kakak merasa terhimpit serta terlantar. Oleh karena itu, jangan sampai memaksakan anak untuk berdikari saat sebelum waktunya, apa lagi saat umurnya tidak jauh dari adiknya yang ada dalam perut.

5. Ajari anak untuk membantu mengurus adiknya yang masih bayi

Sebelum punyai adik, Anda bisa mengajarkan anak untuk menolong mengurusi adiknya yang belum lahir. Misalkan, Anda bisa beli boneka bayi selanjutnya beri pada kakak.Kemudian, sampaikan dia langkah mengelus bayi secara halus. Bila anak Anda cukup dewasa, sampaikan langkah menggendong bayi secara benar.

6. Berkata jujur pada kakak

Supaya anak Anda sanggup menyiapkan dianya saat punyai adik, Anda harus juga berbicara jujur padanya. Beritahu jika adiknya akan kerap menangis dan memerlukan perhatian dari ke-2 orangtuanya.Minta pemahaman sang kakak tidak untuk tergesa-gesa bermain dengan adiknya yang bayi. Terangkan dari mereka jika akan ada kalanya dia dapat bermain sepuasnya dengan adiknya.Dengan demikian, diharap tidak ada salah paham di antara Anda dan anak. Yakinkan ke si Kakak jika rasa cinta orang-tua padanya tetap sama walau adiknya sudah dilahirkan ke dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *